BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 31 Maret 2008

Ada Penjinak Virus di Dalam Es Krim !


Es krim merupakan makanan dengan gizi tinggi. Hidangan yang sudah tersaji sejak zaman Romawi atau 400 tahun SM itu ternyata mampu menyembuhkan influenza, serta mengandung zat antitumor dan HIV.

Selanjutnya...

Selasa, 25 Maret 2008

Aliran Kimiawi Cinta

Senyawa-senyawa cinta, yaitu:
Phenyletilamine (PEA),
Dopamine,
Nenopinephrine.







1. Phenyletilamine (PEA) atau 2-feniletilamina

Senyawa ini mempunyai Mr =121,18; titik didih sebesar 197-200oC ; berat jenis = 0,965 ; titik Fahrenheit = 195oF (90oC) dan memiliki bidang polarisasi ND 200 = 1,5335

2. Dopamine
Struktur Dopamine ada dua, yaitu:

a. Dopamine (3-hidroksitiraminihidrogenbromida atau 3,4-dihidroksiphenentilamin)
Mempunyai Mr = 234,10 dan titik lebur 218-220ooC

b. Dopamine (3-hidroksitiraminhidrogenklorida atau 3,4-dihidroksiphenetilamin)
Mempunyai Mr = 189,64 dan titik lebur 241 – 243oC


Selanjutnya

Senin, 24 Maret 2008

Ikatan Kimia Cinta

Telah ditemukan ikatan kimia baru, lebih kuat daripada ikatan kovalen, ikatan hidrogen, bahkan ikatan ionik. Kalau atom Laki-laki (anggap aja atom Lk) dengan Wanita (anggap aja atom Wn) sudah berikatan kimia cinta, walaupun jarak antar atomnya berjauhan bahkan ratusan kilometer lintas kota lintas benua, ikatannya tetap terasa dan sulit dipisahkan antar keduanya. Hal ini tidak bisa dijelaskan oleh hukum mekanika Newton bahkan mekanika kuantum sekalipun. Menurut hukum gaya elektrostastik besarnya gaya tarik antar partikel berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antar partikel. Tetapi pada ikatan kimia cinta, jarak partikel tidak mempengaruhi besarnya gaya tarik antar partikel.


Selanjutnya...

Selamat Paskah...

Tak berkesudahan kasih setiaNYA,
tak habis-habis rahmatNYA,
selalu baru setiap pagi.

Selamat Paskah...

Rabu, 12 Maret 2008

Sepuluh Mantra Cinta

Cinta tidak sebatas hubungan lawan jenis semata, melainkan juga cinta pada lingkungan, cinta pada alam, cinta pada teman, cinta pada orangtua, dan lain-lain. Dari sekian banyak jenis cinta yang ada, satu yang jarang diangkat ke permukaan adalah cinta pada pekerjaan. Padahal serba-serbi cinta dengan lawan jenis nyaris setali tiga uang dengan konsep cinta dalam dunia pekerjaan. Tidak percaya? Coba simak terus tulisan ini.

Selanjutnya...

Persahabatan

Sahabat adalah keperluan jiwa, yang mesti dipenuhi. Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau tuai dengan penuh rasa terima kasih. Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu. Kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa ingin kedamaian.

Selanjutnya...

Rabu, 05 Maret 2008

Susu Formula Bayi Mengandung Bakteri Intero Bacter Sakazaki

Hasil Penelitian Fakultas Kedokteran Hewan IPB mengungkapkan ada beberapa merk susu formula untuk bayi usia di bawah satu tahun yang mengandung Bakteri Intero Bacter Sakazaki

Selanjutnya... .

Lainnya tentang susu formula

Agar Susu Formula Tidak Tercemar Bakteri

Senin, 03 Maret 2008

Analisis Kimia dan Fisika tentang KENTUT

1. Darimana asal kentut?

Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia dan gas dari bakteri dalam perut.

2. Apa komposisi kentut?

Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen.

Selanjutnya...